Lamar Kerja


Dua orang lamar kerja cewek dan cowok…katanya lulusan SMU. Persyaratan yang saya minta foto copi ijazah, KTP dan daftar riwayat hidup…malam kemarin mereka tanyain syaratnya dan malam ini diberikan. Kebetulan saya masi duduk di tempat yang sama dengan kemarin. Setelah di cek, Ijazah SMU yang diberikan bikin penasaran sekali…. nama si pelamar pada lembar depan beda dengan nama pada lembar belakang. Sebenarnya ijazah ini benar gak ya….? kalau hanya ijazah buatan… :-(….untuk apa?

Tamatan SMU sekarang banyak yang kreatif, namun kreatif yang negative gak kan berguna juga…….., kalau dari ijazah udah gak jujur, gimana pas nanti waktu kerja nya….pasti menambah masalah baru. Enggak mau …!!!!???? %##.. mendingan yang benar – benar ingin kerja dan iklas bekerja aja. 

Dua bulan yang lalu jalan – jalan dekat library kampus. Sempat melihat – lihat berbagai macam iklan disepanjang lorong bangunan ruang kuliah. Ada satu iklan lowongan kerja yang persyaratannya bikin saya surprise. “Dicari pria, untuk jaga toko roti. Syaratnya: jujur, gak pernah tinggal sholat lima waktu, sopan, suka senyum, baik …etc”. Wah….. kok ada yah iklan seperti ini di negeri orang sana? gak pernah tinggalin sholat lima waktu….jadi senyum – senyum sendiri bacanya, tapi dalam hati ‘benar juga’.

Hal – hal sederhana begini buat saya berpikir praktis….kalau memang gak sreg, mendingan gak usah aja..... the best we can do 'till now....

No comments: