Definitions and types Organizational Structure

Definisi Struktur Organisasi

Pastinya kita pernah memperhatikan struktur organisasi yang terpajang di ruangan kantor atau website suatu organisasi. Banyak definisi struktur organisasi, misalnya yang tertulis dari beberapa sumber berikut:

 “Organizational structure is a system used to define a hierarchy within an organization. It identifies each job, its function and where it reports to within the organization. This structure is developed to establish how an organization operates and assists an organization in obtaining its goals to allow for future growth. The structure is illustrated using an organizational chart”


“The formal system of task and authority relationships that controls how people are cooperate and use resources to achive organization’s goal”


Organizational structure defines how tasks are divided, grouped, and coordinated in organizations.


An organizational structure lays the foundation for how a company operates. It is a set of policies and rules that determines:
  • How an organization controls and delegates tasks and responsibilities
  • How decisions are made and implemented throughout every part of an organization
  • How information flows within an organization

Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan diinginkan`


Struktur organisasi dapat menggambarkan secara jelas pemisahan kegiatan dari pekerjaan antara yang satu dengan kegiatan yang lainnya dan juga bagaimana hubungan antara aktifitas dan fungsi dibatasi. Di dalam struktur organisasi yang baik harus dapat menjelaskan hubungan antara wewenang siapa melapor atau bertanggung jawab kepada siapa, jadi terdapat suatu pertanggung jawaban apa yang akan dikerjakan.

Adapun fungsi / kegunaan dari struktur dalam sebuah organisasi,
Kejelasan tanggung jawab.
Kejelasan kedudukan.
Kejelasan mengenai jalur hubungan.
Kejelasan uraian tugas.


Gibson menyatakan bahwa struktur organisasi merupakan pola formal kegiatan dan hubungan di antara berbagai sub-unit dalam sebuah organisasi. Menurut pandangan Gibson, kita dapat melihat struktur organisasi sebagai : a)bagan dari susunan kotak-kotak yang berarti struktur yang bersifat statis. b)hubungan kegiatan yang merupakan struktur yang besifat dinamis.

Bentuk –bentuk struktur Organisasi pada umumnya:

  • Struktur Organisasi Fungsional

Struktur Organisasi Fungsional (Functional Structure Organization) merupakan Struktur Organisasi yang paling umum digunakan oleh suatu organisasi. Pembagian kerja dalam bentuk Struktur Organisasi Fungsional ini dilakukan berdasarkan fungsi manajemennya seperti Keuangan, Produksi, Pemasaran dan Sumber daya Manusia. Karyawan-karyawan yang memiliki keterampilan (skill) dan tugas yang sama akan dikelompokan bersama kedalam satu unit kerja. Struktur Organisasi ini tepat untuk diterapkan pada Organisasi atau Perusahaan yang hanya menghasilkan beberapa jenis produk maupun layanan.
  • Struktur Organisasi Divisional

Struktur Organisasi Divisional (Divisional Structure Organization) adalah Struktur Organisasi yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar dan letak geografis. Organisasi bentuk Divisional ini biasanya diterapkan di perusahaan yang berskala menengah keatas, hal ini dikarenakan biaya operasional akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bentuk Organisasi Fungsional.

  • Struktur Organisasi Matriks

Struktur Organisasi Matriks (Matrix Structure Organization) merupakan kombinasi dari Struktur Organisasi Fungsional dan Struktur Organisasi Divisional dengan tujuan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua bentuk Struktur Orgnisasi tersebut. Struktur Organisasi Matriks ini sering juga disebut dengan Struktur Organisasi Proyek karena karyawan yang berada di unit kerja fungsional juga harus mengerjakan kegiatan atau tugas proyek-proyek organisasi yang ditugaskan kepadanya. Struktur Organisasi Matriks ini mengakibatkan terjadinya multi komando dimana seorang karyawan diharuskan untuk melapor kepada dua pimpinan yaitu pimpinan di unit kerja Fungsional dan pimpinan proyek. Struktur Organisasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang berskala besar atau perusahaan-perusahaan multinasional.

 Sumber:http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-contoh-bentuk-struktur-organisasi/

“Gary Dessler, in his book Organization Theory Integrating Structure and Behavior, defined three basic structures: 

1. A "Functional Structure" which may be process oriented and more mechanistic. In a functional organization, revenue derives from operations [not projects].  Staff is grouped by specialty, which gives the employees one clear superior.  However they may still perform projects.  The Project Manager (PM) has little to no authority.  Therefore it is likely the PM is actually a more of a Project Coordinator. 
2. A "Divisional Structure" which could be divided by products, geographical locations, or industry. A large division could look like a functional structure where a smaller division could be altogether different, being more organic in nature. 
3. A "Matrix Structure" which is designed around projects. Each of these structures has significance in differing environments. Other writers also have described other organizational structures``”


Dan tiga bentuk struktur organisasi lainnya yang sedang berkembang, yaitu:

  1. Struktur Organisasi Tim adalah reduksi atas halangan yang ditimbulkan akibat departementalisasi dan sentralisasi pembuatan keputusan kepada level tim kerja. Pada perusahaan skala kecil, struktur tim justru menentukan organisasi secara keseluruhan. 
  2. Struktur Organisasi Virtual adalah yang melakukan outsourcing pada fungsi-fungsi bisnis yang utama. Dalam istilah struktural, organisasi virtual sangat tersentralisasi, dengan sedikit atau tanpa departementalisasi. Perusahaan seperti Nike, Reebok, atau Cisco Systems adalah contoh dari organisasi yang dapat meraup milyaran dollar tanpa punya fasilitas pabrik sendiri. Nike, contohnya, tidak punya pabrik. Mereka hanya mendesain sepatu lalu meng-outsourcing pabriknya.
  3. Struktur Organisasi Nirbatas adalah sebuah organisasi yang berusaha menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan

No comments: